PARIPURNA PENYAMPAIAN RANCANGAN APBD-P 2020 KABUPATEN TANGGAMUS

2020-09-11 Admin

Kotaagung-DPRD kabupaten Tanggamus Kembali menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2020 serta Mendengarkan Pandangan Fraksi-Fraksi DPRD. Kamis (10/9)

Rapat Paripurna digelar di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Kab. Tanggamus ini dihadiri 37 Anggota DPRD serta dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kab. Tanggamus Heri Agus setiawan, S.Sos, didampingi Wakil Ketua I Irwandi Suralaga, S.Ag, Wakil Ketua II Tedi Kurniwan, SE dan Wakil Ketua III Kurnain, S.IP. dari Eksekutiv Hadir Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.MM, Wakil Bupati Tanggamus Hi, AM, Syafi’i, S.Ag, para Asisten, Jajaran Forkopimda,  para pimpinan OPD di Kabupaten Tanggamus, para Camat dan insan Pers.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E, M.M dalam sambutannya di Rapat paripurna  menyampaikan Penghargaan dna terimakasih kepda Pimpinan dan segenap Anggota Dewan atas kebersamaan dalam pelaksanaan pembangunan di Daerah yang kita cintai ini “Kordinasi yang baik selama ini menjadi harapan kita untuk berbuat yang terbaik dalam pelaksanaan berbagai kegiatan dan agenda pembangunan, begitupun nantinya dalam pembahasan Ranperda tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020 yang tujuannya untuk kepentingan Masyarakat Tanggamus’ Ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyempaikan bahwa Bencana Nasional non Alam yaitu Pandemi Covid-19 yang sedang kita alami saat ini menyebabkan terjadinya perubahan secara massive terhadap kerangka ekonomi nasional dan daerah sehingga menimbulkan terjadinya perubahan program/kegiatan pada tahun 2020 ini. Hal ini merujuk pada beberapa peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, beberapa dari peraturan tersebut menyebabkan Daerah wajib melakukan Refocusing dan re-alokasi Program/kegiatan untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19 atau dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian Nasional.

Berdasarkan keadaan diatas maka pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menyusun Kebijakan Umum Perubahan Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan yang beberapa hari kemarin telah dibahas bersama serta disepakati ditandatangani dan dalam penyusunannya tetap memperhatikan araha dan pedoman dari pemerintah pusat dan pemerintah Prov. Lampung dalam rangka pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Masih dalam Laporannya, Bupati menyampaikan bahwa secara garis besar rancangan perubahan APBD Kab. Tanggamus tahun anggaran 2020 yaitu

Pendapatan daerah Kab. Tanggamus mengalami perubahan  dari semula 1,92 Triliun Rupiah menjadi 1,75 Triliun Rupiah atau berkurang 170,02 Miliar Rupiah. Penurunan disebabkan adanya efisiensi oleh pemerintah pusat terhadap transfer ke daerah dan dana desa, kemudian terdapat perubahan Dana Alokasi Umum (DAK) fisik dan non fisik.

Sementara Belanja Daerah Kab. Tanggamus tahun 2020 mengalami perubahan dari 1,92 Triliun Rupiah menjadi 1,80 Triliun Rupiah atau berkurang sebesar 117,65 Miliar Rupiah.

Pembiayaan Daerah tahun 2020 seecara total sebesar 50,56 Miliar Rupiah dari semula negatif 1,8 Miliar Rupiah atau meningkat sebesar 52,36 Miliar Rupiah yang merupakan sisa lebih Perhitungan anggaran Tahun anggaran sebelumnya, berdasarkan hasil audit BPK.

Berdasarkan penjelasan diatas  disimpulkan bahwa pancangan perubahan APBD Kab. Tanggamus tahun 2020 dengan kondisi sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan sebesar NOL RUPIAH atau dalam Kondisi anggaran berimbang antara pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.

Menutup penyampaian laporannya Bupati menyampaikan harapan agar semu dapat diberikan kekuatan sekaligus kebesaran hati untuk dapat menyelesaikan rangkaian agenda yang ada hingga nantinya persetujuan ranperda tentang perubahan APBD Kab. Tanggamus Tahun Anggaran 2020 dapat selesai sesuai dengan jadwal dengan tetap memperhatikan kualitas dokumen baik secara sistematika dan secara substansi, Bupati turut mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan dan seluruh anggota Dewan  untuk berkenan membahas Ranperda Perubahan APBD Kab. Tanggamus Tahun Anggaran 2020. Pungkas Bupati