KOMISI III TINJAU LOKASI BENCANA BANJIR DI SEMAKA

2020-08-07 Admin

Sejumlah Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus meninjau lokasi bencana longsor dan banjir bandang di Pekon Way Kerap kecamatan Semaka  Kabupaten Tanggamus, Jum’at (7/8/2020).

            Rombongan Anggota Komisi III yang dipimpin oleh Ketua Komisi III Iskandar Juned didampingi Sekretaris Komisi III Hilman, SH dan sejumlah Anggota Komisi III meninjau langsung lokasi  bencana serta  lokasi dapur umum yang bertempat di kantor Kecamatan Semaka. Pihak BPBD yang diwakili oleh kabid kedaruratan BPBD Tanggamus Mansyur dalam keterangannya dilokasi  dihadapan anggota Komisi III menyampaikan bahwa sertelah masa tanggap darurat selesai akan dilakukan relokasi bagi warga yang terdampak bencana. Lebih lanjut Pihak BPBD menyampaikan bahwa saat ini  seluruh bantuan untuk warga yang terdampak bencana dipusatkan di  dapur umum, hal ini untuk memudahkkan dalam pendistribusian bantuan kepada warga, BPBD juga menyampaikan bahwa setiap hari dapur umum menyiapkan  sekitar 300 bungkus makanan untuk dua Pekon yang terdampak bencana dengan rincian 250 bungkus makanan untuk warga di Pekon Way Kerap dan 50  bungkus makanan untuk warga di Pekon Pardawaras dan dalam sehari BPBD menyiapkan  tiga kali makan untuk warga, namun BPBD menyampaikan data ini masih dapat berubah sesuai dengan kondisi dilapangan.

Masih menurut pihak BPBD menanggapi pertanyaan Anggota Komisi III mengenai kendala yang dihadapi dilapangan menyampaikan bahwa saat ini  telah terjalin Koordinasi yang baik dengan OPD  seperti  PUPR, Dinas Provinsi, Balai Besar dan DLLAJR terkait pembersihan sedimentasi di lokasi bencana.

Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan secara simbolis sejumlah bantuan makanan dan kebutuhan dasar oleh Anggota Komisi III kepada perwakilan masyarakat yang terdampak bencana, ditempat yang sama Ketua Komisi III Iskandar Juned menyampaikan Apresiasinya kepada Ibu Bupati atas gerak cepat Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam penanganan bencana ini. Sementara itu Sekretaris Komisi III Hilman, SH menyampaikan bahwa dibutuhkan kecepatan dalam penanganan oleh pihak Satker terutama BPBD dan mengharapkan ada organisasi-organisasi massa yang membantu serta  masyarakat dapat lebih  proaktif dalam bekerja sama membantu untuk memulihkan kondisi. Hilman juga menyampaikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk mengatasi terulangnya kejadian bencana banjir ini bisa dibangun kolam tempat penampungan material banjir seperti tanah dan batu, material tersebut dapat digunakan untuk  keperluan lainnya.

Diberitakan sebelumnya banjir bandang menerjang lima desa di Kabupaten Tanggamus, Lampung,  yang diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur selama empat jam membuat sungai Waykerap meluap sehingga tanggul penahan tidak kuat menahan aliran sungai yang deras. Selasa (4/8/2020) malam. Banjir menyebabkan belasan rumah rusak, ribuan hektare sawah terancam gagal panen, dan jalan lintas barat (Jalinbar) sempat terputus.

Humas_DPRDTanggamus