Reses Dapil I Tanggamus : “PKH Harus Tepat Sasaran”

2020-04-16 Admin

TANGGAMUS – 45 anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, selama sepakan terhitung sejak tanggal 10 hingga 17 Desember 2019 serantak melakukan dialog langsung dalam menyerap aspirasi (Reses) bersama masyarakat dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab sebagai wakil rakyat.

 

Para wakil rakyat yang tergabung dalam partai politik itu, melakukan kunjungan kerja kelapangan ke daerah tempat pemilihan (Dapil) masing-masing. Selain menampung aspirasi, reses ini juga bertujuan untuk memonitoring pembangunan dan pelaksanaan pelayanan public yang diberikan langsung oleh pemrintah daerah kabupaten Tanggamus.

 

Seperti pada perjalanan reses di dapil I yang meliputi kecamatan Semaka, Pematangsawa dan kecamatan Bandarnegeri Semuong, dimana para wakil rakyat yang terdiri dari ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan (PDI-P), Azmi (PDI-P), Didik setiawan (PDI-P), Nuzul irsan (PKB), Bunyamin (PAN) dan Baharen (PPP).

 

Dimana pada kesempatan reses yang dilakukan oleh Heri Agus Setiawan di Pekon Tanjungan, kecamatan Pematangsawa. Yang pada kesempatan tersebut dihadiri ole bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, diketahui bahwa pemkab Tanggamus dan DPRD Tanggamus memiliki pemahaman baru di wilayah Pematangsawa karena daerah ini memiliki potensi yang sangat besar manfaatnya apabila dikembangkan dalam hal perekonomian terutama dalam sektor perikanan dan kemaritiman.

 

Dimana  pemkab Tanggamus  bersama DPRD dan pemerintah Pekon akan mendorong sektor apa saja yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan perekonomian warga. Dalam kesempatan itu juga, Heri Agus meminta pemerintah dapat mengajak para kepala pekon untuk mengalokasikan dana desa (DD) pada sector perekonomian demi meningkatkan pendapatan masyarakat di pekon tersebut.

 

“Kalau DD hanya dipergunakan untuk pembangunan talud atau pembangunan jalan lingkungan atau fisik lainnya akan habis begitu saja, sementara kesejahteraan serta ekonomi masyarakat tidak akan pernah bangkit. Disini DD bisa disalurkan dalam bidang penikatan perekonomian masyarakat, bisa dengan adanya badan usaha milik desa (Bumdes),” katanya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan reses ini akan menjadi kegiatan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan

 

“insyaallah apa yang disampaikan jajaran Legislatif akan menjadi pemikiran bagi kita semua, agar dapat membuka bisnis-bisnis serta usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang di fasilitasi oleh Anggota DPRD/Legislatif dan pemerintah Kabupaten Tanggamus” ujarnya.

 

Bupati juga berkesempatan melepas 800 ekor kepiting muara untuk pertama kalinya dan akan dikelola oleh Koperasi Tanjung Mandiri Pekon Tanjungan Kecamatan Pematang Sawa, dalam pelepasan tersebut didahului dengan pengguntingan pita tanda diresmikannya budidaya kepiting muara untuk pertama kalinya di Bumi Begawi Jejama.

 

Sementara, Azmi Anggota DPRD dari PDI Perjuangan melaksanakan reses di Pekon Atarlebar, Sanggi, Rajabasa, Srikaton, Pardawaras, dan Bandar suka Bumi. Dari aspirasi yang disampaikan oleh para masyarakat, meminta agar pemerintah mengalirkan bantuan seperti program keluarga harapan (PKH) dengan adil dan tepat sasaran. Karena berdasarkan fakta, banyak masyarakat kategori tidak mampu tidak pernah menerima program social apapun, sementara masyarakat kategori mampu malah sering menerima bantuan social.

 

“Aspirasi ini akan kami sampaikan kepada pemerintah dan pihak terkait. Kami akan meminta pemerintah mendata masyarakat, supaya ada solusi terbaik demi terwujudkan pemerataan program yang diturunkan oleh pemerintah dan lebih tepat sasaran,” katanya. 

 

Sedangkan H.Nuzul Irsan, SE anggota DPRD Tanggamus dari PKB melaksanakan resesnya dengan mendatangi Dusun I  dan Dusun III Pekon Sri Kuncoro, Dusun II dan Dusun IV Pekon Sri Purnomo, Dusun I dan Dusun II Pekon Rajabasa.

 

Pada Reses Tersebut Warga Dusun 1 Pekon Sri Kuncoro, meminta bantuan sarana dan prasarana alat pertanian, pengadaan air bersih. Sedangkan Warga Dusun 3 Pekon Sri Kuncoro meminta bantuan pembangunan Mushola dan pembangunan akses jalan dari pekon Sri Kuncoro menuju Pekon Karangagung sepanjang 1 KM. Untuk warga dusun 4 Pekon Sri Purnomo berharap agar program bantuan PKH Dapat Diberikan Tepat Sasaran.

 

Dalam tanggapanya terhadap aspirasi Nuzul menyampaikan bahwa usulan pembangunan tersebut sudah menjadi prioritas kami selaku anggota dewan untuk berusaha merealisasikanya dan akan menyampaikan kepada dinas terkait.

 

Nuzul berharap agar warga masyarakat dapat bersabar dan bekerjasama serta memusyawarahkanya kepada masyarakat pekon, kami sebagai anggota DPRD akan terus mengontrol agar permohonan pembangunan ini dapat direalisasikan.

 

Sementara itu Baharen, SE Anggota DPRD Tanggamus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melaksanakan reses di pekon Banding, pekon Sinarbangun, pekon Tulungasahan, pekon Rajabasa, pekon Sanggi dan pekon Sanggiunggak. Warga yang hadir saat reses di 6 pekon tersebut banyak mengharapkan perbaikan infrastruktur jalan, perbaikan tanggul serta pengadaan lampu penerangan jalan. Menanggapi keluhan tersebut, Baharen meminta masyarakat mengajukan proposal melalui kepala pekon agar dapat ditindak Lanjuti  oleh dinas terkait. Serta meminta agar warga bersabar semoga ditahun 2020 permintaan tersebut dapat segera terealisasikan. (Tim)